Rabu

9 Kebiasaan Sehat Atasi Asam Urat

Gout atau Asam Urat mungkin adalah salah satu dari banyak gangguan tubuh yang terkenal di masyarakat kita terutama bagi Anda yang bekerja kantoran atau memiliki kebiasaan hidup yang kurang baik. sebenarnya gangguan asam urat ini dapat dihindari atau disembuhkan melalui kebiasaan hidup yang Sehat, Berikut beberapa kebiasaan Hidup Sehat yang (kalau menurut Kami) wajib dilakukan bagi Anda yang ingin mencegah Asam Urat & bagi Anda yang ingin menurunkan kadar Asam Urat Anda.




1. Hindari makanan tinggi purin, seperti ikan teri jengki, sarden, ikan hering, ragi jeroan (ginjal, hati, 
    paru, babat, iso), kacang goreng, ekstrak daging, dan lain-lain, juga bir dan minuman beralkohol.

2. Kurangi berat badan jika berlebihan.


3. Menerapkan pola makan sehat seimbang dengan memilih karbohidrat kompleks (buah, sayuran,   
    beras merah), protein tanpa lemak (tahu), dan lemak esensial yang sehat.

4. Kenali makanan rendah purin. Pisang, seleda, peterseli, kol merah, kubis, paprika mesh, dan buah 
    asam termasuk makanan yang baik untuk pasien gout. Sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, 
    kacang polong, dan kembang kol mengandung purin dalam kadar sedang sehingga tidak terlalu 
    memengaruhi kadar asam urat dalam darah.

5. Konsumsi makanan yang memiliki zat penurun asam urat dan mengurangi peradangan, seperti buah   
    beri (bluberi, stroberi), tahu, dan minyak zaitun. Bawang putih & Daun Binahong sering disebut herbal 
    ajaib karena dapat membantu menangani berbagai penyakit dan bermanfaat dalam banyak fungsi 
    tubuh. Mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari dapat membantu mengatasi gout dan 
    meningkatkan kesehatan secara keseluruhan & untuk Daun Binahong Anda dapat dengan Praktis 
    mengonsumsi ekstraknya dalam bentuk kapsul Daun Binahong. Sementara peterseli juga bersifat 
    diuretik (peluruh kencing) sehingga dapat membantu menggelontor asam urat dari tubuh. Sayuran ini 
    bisa dikonsumsi segar atau diseduh seperti teh.

6. Minum teh dan kopi. Menurut penelitian dari Boston University dan Harvard Medical School, minum 2-
    4 cangkir teh dapat menurunkan risiko gout pada perempuan sekitar 22 persen. Sementara minum 
    empat cangkir kopi per hari, menurut penelitian serupa, seperti dilaporkan dalam American Journal of 
    Clinical Nutrition edisi Agustus 2010, dapat memangkas risiko terbentuknya asam urat sebanyak 50 
    persen lebih.

7. Manfaatkan herbal alami. Sambiloto (Andrographis paniculata nees) bersifat diuretik dan antiinflamasi   
    (anti-peradangan) sehingga dapat membantu mengatasi radang sendi pada gout. Temulawak 
    (Curcuma xanthorrhiza) mengandung zat germakron yang bersifat antiinflamasi juga. Lada hitam 
    (Pipernigrum) dapat meningkatkan urinasi dan bersifat antiinflamasi. Daun tempuyung (Sonchus 
    arvensis)  memiliki senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang dapat menghambat kerja enzim 
    kesatin oksidase dan reaksi superoksida sehingga pembentukan asam urat bisa dihambat atau 
    dikurangi. Dan Anredera cordifolia (Ten.) Steenis atau sering disebut Daun Binahong yang secara empiris juga 
    dipercaya dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

8. Olahraga teratur. Berlatihah 4-5 kali seminggu selama 30-45 menit setiap latihan. Bisa memilih latihan 
    yang gampang, seperti jalan kaki atau joging.

9. Banyak minum air putih. Minum delapan gelas sehari atau ditambah jus buah segar (tomat, jeruk, 
    nanas, dan lain-lain).






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar